tulisan

Rabu, 24 Februari 2016

Mengenali daging segar




Daging sapi merupakan salah satu daging yang paling sering digunakan oleh masyarakat terutama dalam usaha kuliner. Begitu banyak kuliner nusantara yang menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya. Salah satu kuliner nusantara yang sangat digemari oleh berbagai kalangan di Indonesia adalah Bakso. Di berbagai daerah , dengan potensi pasar yang berbeda – beda, bakso termasuk salah satu makanan yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Namun belakangan ini banyak penjual bakso yang mengalami kerugian dikarenakan banyak terjadnya penyimpangan yang dilakukan oleh para penjual daging sapi yang membuat kualitas bakso menjadi buruk atau bahkan tidak layak untuk dijual. Untuk itu, pedagang bakso harus mampu memilih dan menyelidiki sendiri bahan baku yang digunakan khususnya daging.
Untuk mendapatkan daging sapi yang masih segar dapat dikenali dengan ciri-ciri sebagai berikut :
1.  Dagingnya berwarna merah terang dan lemaknya berwarna kekuningan. Warna daging bervariasi tergantung jenis hewan secara genetic dan usia. Daging sapi potong dengan  warna lebih gelap dari sapi perah dan daging sapi muda berwarna lebih pucat dari daging sapi dewasa.
2.  Tekstur dagingnya kenyal dan padat (tidak mudah hancur). Serat daging terlihat jelas , keempukan daging ditentukan oleh jaringan ikat. Emakin tua usia hewan, susunan jaingan ikat semakin banyak sehingga daging yang dihasilkan semakin liat. Jika ditekan dengan jari, daging yang sehat akan memiliki tekstur kekenyalan yang tetap. Selain itu, kandungan lemak marbling yang terdapat diantara serabut otot (intramuscular) yang berfungsi sebagai pembungkus otot dan mempertahankan keutuhan daging pada waktu dipanaskan. Marbling berpengaruh pada cita rasa.
3.      Dijual dengan cara digantung
4.  Tidak mudah mengeluarkan air dan tidak berlendir. Secara normal, daging mempunyai permukaan yang relative kering sehingga dapat menahan pertumbuhan mikroorganisme dari luar. Dengan demikian kelembaban daging saat penyimpanan juga harus diperhatikan agar tidak merubah kualitas daging.
5.      Rasa gurih dan aromanya tetap
6.   Ada cap atau keterangan dari rumah potong hewan (RPH) bahwa daging sapi berasal dari sapi yang sehat, layak potong, disembelih dengan cara yang benar sesuai syariat.
Demikian tips mengenali daging segar, semoga bermanfaat. Karena usaha kami kuliner maka kami sangat sadar akan pentingnya bahan-bahan yang baik agar dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi konsumen kami.
Nantikan tips selanjutnya ya……..



Sumber :
Pusat halal ITB gedung sayap selatan lt. 3 komplek salman ITB Jl, Ganesa No 7 Bandung.

Pusathalal@salmanitb.com

0 komentar:

Posting Komentar