tulisan

Sabtu, 12 Maret 2016

Bejalar Nulis Bareng Pak Agus Safari

Sebagai seorang blogger tentunya banyak kaidah-kaidah penulisan yang belum saya kuasai, mulai dari komponen berbahasa, tugas penulis sampai pola pikir yang harus dimiliki sebagai seorang penulis. 

Kali ini saya mendapat kesempatan belajar bersama seorang penulis senior yang memiliki banyak karya tulis yaitu pak Agus Safari. beruntung sekali ya bisa belajar langsung bahkan mendapat bimbingan dari para penulis senior yang diinisiali oleh bang Raja Lubis dari komunitas FFB COMM, Mau tahu gimana caranya, yuk gabung aj kamu bisa dapat banyak ilmu disini karena setiap minggunya akan ada pertemuan dan belajar langsung sama penulis senior kawakan yang bakalan bikin kamu tambah pinter dan ga asal nulis.

Caranya kamu klik link dibawah ini terus gabung sama ffb comm nah disitu ada bang Raja Lubis yang kece abis bakalan mandu kamu agar bisa ikut klinik penulisan ffb comm tempatnya di jalan Zamrud No 21 Buah Batu Bandung.

Klik di sini

Nih salah satu kegiatan yang kita lakukan

Ruang ffb comm bersama pak Agus Safari, Raja Lubis dan Komunitas Blogger BDG


sharing tentang film bareng Raja Lubis yang kece abis

Apa aja yang kita pelajari sama pak Agus Safari, yuk disimak :
Agus Safari

"menulis mencerminkan keterampilan bahasa" lalu bagaimana berbahasa yang baik itu?

Bahasa yang baik adalah bahasa yang alamiah, biasa, wajar dan sederhana.

Komponen berbahasa terbagi menjadi 4 bagian yaitu :
  1. Komunikasi
  2. membaca
  3. bicara (interaksi)
  4. tulisan
Tugas seorang penulis tentunya adalah menyampaikan berita baik ataupun berita buruk. Dalam menulis  kita harus mengedepankan kejujuran, kejelasan, singkat dan beraneka ragam. Menulislah dengan objektif dan kreatifitas agar pembaca lebih mudah memahami.

"Belajar menulis itu adalah belajar berpikir dengan cara tertentu" karena Tulisan yang baik merupakan komunikasi dan perasaan yang efektif.

Komponen menulis dan berbicara terbagi menjadi 3 bagian, yaitu :
  1. Struktur kata atau bahasa 
  2. Kosa Kata
  3. Kecepatan/Kelancaran
Penulis yang baik mengunakan pola yang didahului kesimpulan, disertai alasan lalu berpendapat bagaimana sebuah alur kejadian dapat diceritakan secara baik dan terstruktur sehingga audiens (pembaca) dapat lebih memahami apa yang kita sampaikan.

Sekarang jadi tahukan bagaimana menjadi seorang penulis yang baik, nah sekian dulu pembahasannya semoga bermanfaat...





4 komentar:

  1. Mantap!!!

    Aplikasi ilmunya keren....

    sudah bisa bikin paragraf..Good Job!!!

    BalasHapus
  2. terima kasih FFB COMM yang sudah memberi kesempatan untuk belajar langsung dengan penulis senior yang hebat, mudah2an makin pinter,... :-)

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. terima kasih mudah-mudahan bisa berkarya lebih baik lagi,.. :-)

      Hapus