tulisan

Minggu, 06 Maret 2016

Identifikasi Daging Babi


Daging Babi merupakan daging yang diharamkan bagi umat islam karena beberapa aspek yang secara kesehatan daging babi tidak baik bagi tubuh manusia juga megandung cacing pita yang dapat menyerang bagi orang yang mengkonsumsi daging babi.

Beberapa waktu lalu Kota Bandung dihebohkan dengan berita adanya bakso yang menggunakan daging celeng atau babi hutan. Mungkin masih banyak masyarakat yang belum bisa membedakan daging babi atau bukan sehingga bisa jadi pedagang tersebut tidak mengetahui daging tersebut merupakan daging celeng / daging babi. http://www.liputan6.com/tag/daging-babi 
Dengan adanya berita tersebut membuat masyarakat resah dan menjadi enggan untuk jajan diluar karena banyak aspek pertimbangan mulai dari kebersihan, kandungan, higyenitas, sampai bahan baku yang dipakai oleh pedagang tersebut apakah benar-benar menggunakan bahan baku yang baik atau tidak.
Sebagai konsumen cerdas tentunya kita harus tahu mana pedagang baik dan tidak juga kita harus bisa membedakan daging babi atau bukan,

berikut ciri-ciri untuk dapat mengidentifikasi daging babi / celeng :

  1.  Warna dagingnya lebih pucat dibanding daging sapi
  2. Tekstur seratnya lebih halus
  3. Lemaknya lebih tebal
  4. Dagingnya lebih banyak mengandung air daripada daging sapi
  5. Aroma dagingnya lebih amis daripada daging sapi
  6. harganya lebih murah.















Demikian tips mengenali daging babi atau bukan, semoga bermanfaat. Karena usaha kami kuliner maka kami sangat sadar akan pentingnya bahan-bahan yang baik agar dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi konsumen kami.
Nantikan tips selanjutnya ya……..


Sumber :
Pusat halal ITB gedung sayap selatan lt. 3 komplek salman ITB Jl, Ganesa No 7 Bandung.

Pusathalal@salmanitb.com

1 komentar: