tulisan

Kamis, 17 Maret 2016

Selamatkan Bumi Kita, Ini Aksiku! Mana Aksimu?

Ini aksiku! mana aksimu? 

Pemanasan global dan pencemaran lingkungan di bumi kita ini sudah semakin parah. Tapi tahukah Anda ada cara mudah untuk ikut menyelamatkan bumi?

Earth Hour (bahasa IndonesiaJam Bumi) adalah sebuah kegiatan global yang diadakan oleh World Wide Fund for Nature (WWF) pada Sabtu terakhir bulan Maret setiap tahunnya. Kegiatan ini berupa pemadaman lampu yang tidak diperlukan di rumah dan perkantoran selama satu jam untuk meningkatkan kesadaran akan perlunya tindakan serius menghadapi perubahan iklim. Kegiatan yang dicetuskan WWF dan Leo Burnett ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2007. Saat itu, 2,2 juta penduduk Sydneyberpartisipasi dengan memadamkan semua lampu yang tidak diperlukan.[1] Setelah Sydney, beberapa kota di seluruh dunia ikut berpartisipasi pada Earth Hour 2008.[2][3] Earth Hour 2016 akan dilaksanakan pada 19 Maret 2016 pukul 20.30 sampai 21.30 waktu setempat. sumber wikipedia

Listrik dan Energi Dumia

Listrik bagi masyarakat dunia seperti juga bagi bangsa Indonesia  telah menjadi kebutuhan vital masayarakat modern dan juga bahan bakar roda pembangunan. Listrik bahkan dijadikan tolak ukur majunya suatu peradaban. Hanya saja, penyediaan dan pemanfaatan listrik di Indonesia masih banyak bergantung pada energi fosil terutama minyak bumi dan produk turunannya. Energi fosil bersifat tidak terbarukan sehingga bila terus dieksploitasi, cadangannya akan menipis dan mungkin akan habis. Saat ini saja Indonesia sudah bisa dikategorikan sebagai negara yang lebih banyak menginport minyak dibandingkan mengeksportnya. 

Karena itu fluktuasi harga minyak bumi dunia akan sangat berpengaruh dan dapat mengguncang ekonomi Indonesia. Tekanan pada anggaran pendapatan belanja negara juga akan menigkat mengingat pemerinah membeli minyak bumi dengan harga dunia sedangkan harga bahan bakar minyak dan listrik didalam negri dijual murah karena masih mendapat subsidi dari pemerintah.

Cimahi Kota Cerdas Ikut berpartisipasi
Untuk mengatasinya dibutuhkan keterlibatan semua pemangku kepentingan, baik pemerintah, swasta maupun masayarakat seacara umum. Sekecil apapun kontribusi yang bisa dilakukan, akan memberikan perubahan yang positif bagi ketahanan energi, pembangunan ekonomi serta kelangsungan hidup di bumi. Bumi bukan hanya tempat tinggal yang harus nyaman bagi generasi sekarang, melainkan  juga bagi generasi yang akan datang. Setiap detik yang dilakukan dapat memberikan warna dan makna berbeda dalam kehidupan.

Pemerintah Kota Cimahi melalui Kantor Lingkungan Hidup ikut berpartisipasi dan akan mensosialisasikan kegiatan tersebut pada hari sabtu, 19 maret 2016 pukul 11.00-22.00 bertempat di Pendopo Gedung DPRD Kota Cimahi.


Mari Tunjukan aksi pedulimu!

Salam Inspirasi dan terus berbagi.







2 komentar: